Ajak Milenial Penuhi Target Jakstrada, DLH Samarinda Gelar Pemilihan Duta Peduli Sampah

Published in Berita Daerah Written by  November 11 2019 font size decrease font size increase font size
Rate this item
(0 votes)

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Samarinda membuat gebrakan baru dalam rangka mengurangi sampah. DLH menjaring kaum milenial melalui acara “Pemilihan Duta Peduli Sampah Samarinda 2019”. Acara ini adalah wujud kolaborasi DLH bersama Komunitas Peduli Sampah Samarinda, dan diselenggarakan pada 5-19 November mendatang.

Hari ini, (05/10/2019), merupakan tahap seleksi pemilihan Duta Peduli Sampah yang diselenggarakan di kantor DLH Samarinda, Jalan MT Haryono. 

Pemilihan Duta Peduli Sampah tahun ini mengambil tema ‘Hijau Bumi Samarindaku, Lestari Lingkunganku’. Dengan menggaet kaum remaja berusia 17-25 tahun di Samarinda, DLH berharap, terpilihnya Duta Peduli Sampah akan memberikan kontribusi besar dalam aksi pengelolaan sampah di DLH dan masyarakat.

Ketua Panitia dalam acara ini, Idfi Silviani mengutarakan, tujuan utama dalam acara ini mengajak milenial untuk memenuhi target Kebijakan Strategis Daerah (Jakstrada) Pengelolaan Sampah.

Para milenial di Samarinda mengikuti pemilihan Duta Peduli Sampah, Rabu (06/11/2019).

“Target Jakstrada 20 persen. Kami berharap, peserta yang terpilih menjadi Duta Peduli Sampah akan membantu DLH dalam mencapai target tersebut,” tuturnya.

Tak hanya itu, Idfi menjelaskan, pihaknya berharap, peserta yang terpilih juga mampu menyadarkan kaum milenial yang lain, agar lebih tahu dan mengerti tentang sampah dan bagaimana mengelolanya.

“Kami ingin duta yang terpilih mampu terjun langsung ke lapangan bersama DLH dan Komunitas Peduli Sampah,” jelasnya.

Bagi peserta yaitu, mampu diberikan ruang dan payung dari pemerintah untuk lebih berkontribusi mengelola sampah dan mampu menjaring lebih banyak penggiat sampah di Samarinda.

Tahap seleksi ini diikuti oleh 69 peserta yang diberikan tes tertulis dan tes wawancara, agar mengetahui kemampuan maupun wawasan peserta terkait lingkungan hidup. Terutama, pengelolaan sampah. Bobot penilaiannya sendiri ialah pengetahuan umum, sikap, dan program peserta. 

“Kami ingin lihat wawasan peserta tentang sampah dan mengelolanya, kami  juga melihat dia telah melakukan apa saja dalam lingkungan keluarga maupun lingkungan pertemanannya,” papar Idfi.

Hasil seleksi akan diumumkan langsung hari ini juga pada malam nanti di akun media sosial instagram DLH Samarinda. Keesokan harinya, (07/10/2019), finalis yang terpilih akan diberikan selempang sebagai simbol mereka yang akan diselenggarakan di Taman Sejati Samarinda.

Read 224 times

Kontak Kami

Dinas Lingkungan Hidup Kota Samarinda

Jl. MT. Haryono, Rawa Indah - Samarinda 75125

Telepon.

Fax.

Foto Kegiatan

Foto Kegiatan

PEMANTAUAN KUALITAS LINGKUNGAN Pendidikan Lingkungan Pengelolaan Sampah Berbasis 3R Sosialisasi Pengelolaan Sampah