DLH Samarinda Gencar Sosialisi Pengelolaan Sampah

Published in Berita Daerah Written by  October 28 2018 font size decrease font size increase font size
Rate this item
(0 votes)

Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Samarinda, Kalimantan Timur, gencar melakukan sosialisasi pengelolaan sampah, dalam upaya mengubah paradigma masyarakat tentang sampah sebagai sumber daya yang mempunyai nilai ekonomis dan dapat dimanfaatkan.

 


"Agar sampah tidak menjadi masalah serius bagi perkembangan kota, kami terus melakukan sosialisasi tentang cara pengolahan sampah, khususnya pada pengurangan sampah dan pedoman pelaksanaan 3R (reduce, reuse, recycle) melalui Bank Sampah sebagai realisasi Perda Kota Samarinda Nomor 02 Tahun 2011 dan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 13 Tahun 2012," ujar Kepala DKP Kota Samarinda Dadang Airlangga di Samarinda, Selasa.

Sosialisasi tentang cara pengolahan sampah itu dilaksanakan secara bertahap di 10 kecamatan di Kota Samarinda.

Dadang menyatakan penyuluhan pengolahan sampah itu sebagai upaya memberi pemahaman kepada warga agar dapat memilah sampah organik dan nonorganik sebelum membuangnya ke tempat pembuangan sementara (TPS), sehingga jumlah sampah dapat dikurangi. 

"Warga yang diundang mengikuti sosialisasi di setiap kecamatan tersebut adalah mereka yang berperan penting di lingkungannya masing-masing, di antaranya ketua RT dan tokoh masyarakat," kata Dadang Airlangga. 

"Kami berharap setelah sosialisasi tersebut, baik ketua RT maupun tokoh masyarakat akan menyampaikan kembali pengetahuan yang mereka terima kepada warga agar bisa menyebar ke masing-masing lingkungan," tambahnya. 

Dengan pemberian pemahaman tersebut, lanjut Dadang, setidaknya warga bisa ikut berperan aktif dan berpartisipasi dalam menjalankan program Pemkot Samarinda.

Sosialisasi Perda Sampah sudah sering dilakukan DKP Samarinda, baik menggunakan spanduk maupun selebaran yang berisi perda dan imbauan agar tidak membuang sampah sembarangan serta juga melalui iklan layanan di media masa diantaranya, televise dan radio. 

"Namun, masih saja ada warga yang diduga belum mengerti tentang pengelolaan sampah, padahal kalau peduli dan jeli, tidak jarang dengan sampah pun bisa mendatangkan uang. Caranya dengan menerapkan pengelolaan bank sampah yang kini telah berjalan di beberapa kelurahan," jelasnya.

Saat ini, DKP Samarinda terus intensif melakukan sosialisasi pengelolaan sampah yang ramah lingkungan dengan harapan bisa mengubah pandangan masyarakat dan menciptakan paradigma baru yang memandang sampah sebagai sumber daya yang mempunyai nilai ekonomis dan dapat dimanfaatkan

Read 7567 times
More in this category: Perlu Tong Sampah ? »

Kontak Kami

Dinas Lingkungan Hidup Kota Samarinda

Jl. MT. Haryono, Rawa Indah - Samarinda 75125

Telepon.

Fax.

Foto Kegiatan

Foto Kegiatan

PEMANTAUAN KUALITAS LINGKUNGAN Pendidikan Lingkungan Pengelolaan Sampah Berbasis 3R Sosialisasi Pengelolaan Sampah