DLH Samarinda Kampanyekan Oasis SKM

Rate this item
(0 votes)

Selain pada kebersihan lingkungan sekitar tetapi Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Samarinda pun peduli terhadap kebersihan sungai.

Hal itulah yang melatarbelakangi adanya kegiatan kampanye Oasis SKM (Operasi Yustisi Sampah Sungai Karang Mumus), di pusat perbelanjaan Jalan P Irian, Kamis (17/10/2019).

Dalam kampanye tersebut, pihaknya memberikan informasi terkait larangan membuang sampah di sungai, membuang sampah tidak pada tempat dan waktu yang berlaku, serta membagikan stiker dan PIN bagi pengunjung mall. 

Kasi Penegakan Hukum Lingkungan DLH M Erwin Agus Alimudi mengatakan, kegiatan tersebut untuk menindaklanjuti dari Perda Samarinda Nomor 2 Tahun 2011 Tentang Pengelolaan Sampah.

“Hari ini kami lakukan kampanye tentang pengelolaan sampah. Sebagai informasi kepada masyarakat karena ada beberapa ketentuan seperti larangan membuang sampah yakni dari jam 6 pagi sampai jam 6 sore, larangan membakar sampah, membuang sampah di sungai, taman, drainase, dan tempat lainnya karena semua itu ada ketentuan pidananya jika melanggar,” katanya.

Selain itu juga, pihaknya memberikan himbauan untuk melakukan pengurangan penggunaan plastik yang sesuai dengan peraturan wali kota atau perwali dalam hal pengurangan plastik terkait dengan pengurangan plastik di Samarinda.

“Kami lakukan di mall karena informasi ini adalah untuk seluruh warga Samarinda. Sehingga kami lakukan kampanye di pusat perbelanjaan, dimana lebih banyak dikunjungi atau tempat berkumpulnya warga Samarinda yang memang sedang berbelanja sekaligus kami edukasi,” tuturnya.

KAMPANYE PEDULI SUNGAI. DLH Samarinda bersama siswa dan komunitas mahasiswa peduli lingkungan saat melakukan kampanye Oasis SKM dan peduli sungai dengan membagikan stiker dan pin kepada warga pengunjung mall.

Dalam kampanye ini, DLH turut melibatkan siswa dari sekolah adiwiyata, dan komunitas mahasiswa peduli lingkungan. Diharapkan dari merekalah, akan lahir penggiat lingkungan.

Selanjutnya, Erwin menyampaikan bahwa, pihaknya masih akan terus melanjutkan untuk melakukan kampanye seperti ini, serta akan melakukan yustisi sampah atau lebih dikenal dengan penegakan hukum terkait pelanggaran ketentuan sampah.

“Jadi tidak hanya di sungai, tetapi di semua ketentuan larangan sampah pasti akan kami tindak ke depannya demi masyarakat dan Samarinda tentunya,” imbuhnya.

Menurutnya, pengelolaan sampah merupakan tanggung jawab bersama dan ini merupakan salah satu edukasi dan kampanye untuk mewujudkan Samarinda yang bersih, hijau dan lestari. 

Sementara Kabid Pentaatan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan DLH Syarifuddin mengungkapkan dukungan terhadap kegiatan tersebut. Menurutnya, hal ini patut disosialisasikan ke masyarakat terkait Perda Nomor 2 Tahun 2011 tentang pengelolaan sampah.

“Ini kan kampanye, artinya memberitahu masyarakat agar tidak membuang sampah ke sungai. Jadi kami memberikan sosialisasi di mall dengan harapan bahwa, semua pengunjung itu bisa lebih paham dan bisa lebih sadar sehingga tidak lagi membuang sampah di sungai,” ungkapnya.

Dia melanjutkan, walaupun tidak semua tinggal di dekat pinggir Sungai Karang Mumus, tetapi pihaknya mengharapkan, informasi itu bisa sampai ke masyarajat luas agar bisa lebih sadar tidak membuang sampah di sungai, tidak membuang sampah bukan pada tempatnya, tidak membuang sampah tidak sesuai dengan jadwal yang ditentukan dan lainnya.

Read 181 times

Kontak Kami

Dinas Lingkungan Hidup Kota Samarinda

Jl. MT. Haryono, Rawa Indah - Samarinda 75125

Telepon.

Fax.

Foto Kegiatan

Foto Kegiatan

PEMANTAUAN KUALITAS LINGKUNGAN Pendidikan Lingkungan Pengelolaan Sampah Berbasis 3R Sosialisasi Pengelolaan Sampah