DLH Samarinda Kampanyekan Larangan Membuang Sampah di Sungai

Published in Berita Daerah Written by  October 16 2019 font size decrease font size increase font size
Rate this item
(0 votes)

Dinas Lingkungan Hidup Samarinda semakin gencar menyosialisasikan ke masyarakat untuk peduli dan tertib dalam pengelolaan sampah.

Seperti halnya tempat membuang sampah, yang dilarang tidak hanya di sembarang tempat saja, tetapi juga tidak diperkenankan membuang sampah di sungai. 

Terlihat pada Sabtu (12/10/2019) pihaknya melakukan aksi kampanye di sekitar bantaran Sungai Karang Mumus dengan melibatkan komunitas mahasiswa peduli lingkungan.

Kasi Penegakan Hukum Lingkungan DLH Samarinda Erwin Agus mengatakan, sosialisasi ini untuk memberikan informasi tentang pelarangan membuang apapun atau sampah di sepanjang sungai.

Pihak DLH Samarinda saat sosialisasi kepada masyarakat sekitar agar tidak membuang sampah ke sungai

“Ini kami lakukan karena sesuai di Pasal 47 Perda Kota Samarinda Nomor 02 Tahun 2011 Tentang Pengelolaan Sampah salah satunya tidak boleh membuang apapun terlebih sampah ke sepanjang bantaran sungai,” katanya. 

Meskipun sungai mempunyai fungsi mampu memperbaharui dirinya sendiri menjadi jernih, tetapi jika terlalu banyak menampung sampah yang tertumpuk di sungai, pencemaran dan lain sebagainya maka sungai tersebut pun tidak akan mampu menampung lagi dan melakukan pembaharuan tersebut.

Dijelaskan bahwa di Perda tersebut, jika melanggar membuang sampah di sungai akan dikenakan Sanksi pidana kurungan paling lama 3 bulan atau Denda maksimal lima puluh juta rupiah.

 
Read 2881 times

Kontak Kami

Dinas Lingkungan Hidup Kota Samarinda

Jl. MT. Haryono, Rawa Indah - Samarinda 75125

Telepon.

Fax.

Foto Kegiatan

Foto Kegiatan

PEMANTAUAN KUALITAS LINGKUNGAN Pendidikan Lingkungan Pengelolaan Sampah Berbasis 3R Sosialisasi Pengelolaan Sampah