GenBI Kaltim Komisariat Unmul Edukasi Masyarakat Manfaatkan Sampah Melalui Borneo Recycle 2019

Published in Berita Daerah Written by  October 07 2019 font size decrease font size increase font size
Rate this item
(0 votes)

 Permasalahan sampah saat ini menjadi perhatian serius dunia, terutama sampah plastik. Sifatnya yang sangat sulit terurai membuat sampah plastik menjadi ancaman kerusakan lingkungan dan kehidupan manusia. Berdasarkan data Jambeck (2015), Indonesia berada di peringkat kedua dunia penghasil sampah plastik ke laut yang mencapai 187,2 juta ton. Bahkan sampah Samarinda per hari mencapai 800 ton, 16-19 % di antaranya adalah sampah plastik.

Hal ini kemudian yang membuat Divisi Lingkungan Hidup Generasi Baru Indonesia (GenBI) Kaltim Komisariat Universitas Mulawarman yang merupakan komunitas mahasiswa penerima beasiswa dari Bank Indonesia (BI) merasa perlu melaksanakan kegiatan Borneo Recycle 2019. Dengan mengusung tema “More Recycle, Waste Less” kegiatan ini dilaksanakan di Atrium Bigmall pada Jumat (27/9/2019). 

Adapun acara seremoni pembukaan Borneo Recycle 2019 dihadiri oleh sejumlah tamu undangan dan dinas terkait, antara lain Asisten Manajer Keuangan Bank Indonesia, Dinas Lingkungan Hidup Kaltim, Dinas Lingkungan Hidup Samarinda, Dinas Pariwisata, serta Perwakilan Pemkot Samarinda.

Borneo Recycle 2019 merupakan bentuk edukasi kepada masyarakat agar bisa memanfaatkan sampah plastik yang ada untuk didaur ulang menjadi barang-barang yang bisa digunakan kembali. Salah satunya melalui kegiatan lomba Fashion Show Recycle Education, yaitu ajang peragaan busana yang terbuat dari sampah plastik dan barang bekas yang telah didaur ulang.

“Ini adalah salah satu upaya kami, GenBI Kaltim Komisariat Unmul, untuk kemudian bersama-sama mengurangi sampah plastik dengan cara me-recycle sampah-sampah plastik yang tadinya tidak bernilai menjadi bernilai,” kata Ketua Umum GenBI Kaltim Komisariat Unmul, Amar Piransyah, Jumat (27/9/2019).

Selain itu, ada juga lomba ranking 1 khusus kategori SMA dan lomba mewarnai khusus TK dan SD. Terdapat pula stand perwakilan DLH Samarinda, yaitu beberapa sekolah adiwiyata. Stand tersebut memamerkan berbagai produk daur ulang dari sampah dan barang bekas seperti berbagai busana, kerajinan, pupuk organik, hingga bebagai edukasi hasil pemanfaatan sampah lainnya kepada maayarakat.

Baca juga:  DLH Gandeng Forum dan Sekolah Adiwiyata Ikut Serta Pameran Daur Ulang
https://kaltimtoday.co/wp-content/plugins/intelly-related-posts/assets/images/simple-arrow.png"); background-position: initial; background-size: initial; background-repeat: no-repeat; background-attachment: initial; background-origin: initial; background-clip: initial; position: absolute; right: 0px; top: 0px; background-color: rgb(230, 230, 230) !important;">

Terselenggaranya Borneo Recycle 2019 tidak lepas dari bantuan berbagai pihak. Total ada 70 sponsor yang turut menyukseskan acara ini dan 9 media partner yang membantu dalam publikasi Borneo Recycle 2019 baik sebelum, maupun sesudah acara berlangsung.

Informasi lengkap mengenai GenBI Kaltim, silakan kunjungi:
• genbikaltim.id (website)
• @genbikaltim (Instagram)

Informasi lebih lanjut, silakan hubungi:
William Maliki
Humas Borneo Recycle 2019
082252839835

Amelia Rizky Yunianty
Humas Borneo Recycle 2019
081364873634

Sumber :

https://kaltimtoday.co/genbi-kaltim-komisariat-unmul-edukasi-masyarakat-manfaatkan-sampah-melalui-borneo-recycle-2019/

Read 21 times

Kontak Kami

Dinas Lingkungan Hidup Kota Samarinda

Jl. MT. Haryono, Rawa Indah - Samarinda 75125

Telepon.

Fax.

Foto Kegiatan

Foto Kegiatan

PEMANTAUAN KUALITAS LINGKUNGAN Pendidikan Lingkungan Pengelolaan Sampah Berbasis 3R Sosialisasi Pengelolaan Sampah